Keunggulan Durian Musang King

Daging buahnya lengket, legit, creamy, gurih, kombinasi manis dan pahitnya lebih seimbang sebagian besar bijinya kempes

 Keunggulan Durian Musang King

Kalau buah durian disebut King of Fruits atau Raja Buah-buahan, lalu apa sebutan untuk Raja Durian? Jawabannya adalah Durian Musang king atau durian Raja Kucing. Durian Musang King ini merupakan salah satu jenis durian unggulan yang memiliki rasa yang boleh dibilang makyus dan tak kalah nikmat jika dibandingkan dengan durian import lainnya. Jika kita sudah mengenal durian montong yang berasal dari Thailand, maka durian musang king ini berasal dari Negara tetangga kita yaitu Malaysia. Buah Durian Musang King ini menawarkan rasa manis,legit dengan sedikit rasa pahit ketika menyantapnya. Daging durian musang king berwarna kuning layaknya warna kunyit. Selain itu, Daging buah durian musang king juga terkenal akan ketebalannya dengan tekstur kering, lembut, tidak berserat. Durian ini juga mempunyai aroma khas yang gak terlalu menyengat.

Secara fisik, durian musang king ini mempunyai bentuk yang sedang dengan berat rata-rata hanya sekitar 2kg/buah. Warna kulit durian musang king mempunyai kulit berwarna hijau semu kekuningan, semburatnya terlihat dari ujung duri sampai kedasar kulitnya. Bagian tangkai durian Musang king pun lebih panjang dari umumnya dengan mahkota buah (bagian tangkai pada buah) yang dijauhi durinya. Selain itu, ciri khas lainnya bisa kita dilihat dari durian musang king ini adalah adanya garis pembelah kulit buah durian. garis pada durian musang king terlihat sangat terlihat jelas pada ujung buah durian, karena membentuk pola yang khas, pola bintang.

Kepopuleran durian musang king memang sudah tidak perlu diragukan lagi, walaupun notabenya buah durian musang king ini masih tergolong baru masuk ke Indonesia, namun, faktanya, durian Musang king ini telah banyak memiliki penggemar bahkan buahnya sekarang ini banyak diburu oleh pecinta buah durian. Keberadaan durian musang king ini digadang-gadang akan mengalahkan durian montong dari Thailand. saking nikmatnya, durian musang king ini masuk dalam jenis buah durian unggulan yang wajin dicoba. Lantas kenapa durian Musang king dijuluki raja durian? Apa saja keunggulannya sampai-sampai disebut sebagai raja? Kami menemukan sedikitnya 4 kelebihan atau keunggulan durian Musang king ini. Mau tahu apa saja keunggulannya dibanding buah durian lokal.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan tanaman durian Musang king yang menjadikan durian musang king ini layak untuk di budidayakan secara komersil :

1. Citarasa Juara

Durian musangking termasuk salah satu jenis durian primadona. Buah durian musangking ini menawarkan citarasa manis dengan sedikit rasa pahit khas durian lokal. Selain itu, durian musangking juga mempunyai aroma yang harum menyengat dan sedikit alkoholis khas buah durian. Lebih dari itu, citarasa buah durian Musangking lembut di lidah seperti mentega yang meleleh, lalu dipadu dengan balutan rasa manis elegan dan sedikit rasa pahit membuatnya makin mantap. Hal inilah yang membuat mengapa durian musangking banyak diburu oleh para pecinta buah durian.

2. Daging Buah Tebal

Buah durian musangking dikenal mempunyai warna daging yang cantik yakni berwarna kuning kunyit. Selain itu, durian musangking juga memiliki daging buah yang tebal, tekstur buahnya lembut dan kering. Selain itu, biji buah durian musang king pun sedikit kempes menyebabkan daging buah menjadi lebih tebal dibandingkan dengan durian jenis lainnya.

3. Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman durian dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang tinggi, bibit durian musangking dapat tumbuh dengan baik apda dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun untuk ketinggian ideal yakni pada ketinggian 400-600 m dpl (dari permukaan laut), seperti pada yang kita sering temui di daerah sekitar Jawa. Namun di beberapa daerah seperti di Malang, Jawa Timur, Musangking bisa juga tumbuh sampai di ketinggian hampir 1000 m dpl. Tanaman durian musangking yang ditanam di dataran tinggi memiliki warna daging buah yang lebih pucat dibandingkan dengan Musangking yang tumbuh di dataran rendah.

Walaupun demikian dari segi rasanya lebih istimewa. Daging buahnya lengket, gurih, kombinasi manis dan pahitnya lebih seimbang. Sebagian besar bijinya juga kempis. Meski warna daging lebih pucat tapi rasanya lebih enak. Namun kelemahannya adalah pertumbuhan musang king yang ditanam di dataran tinggi berlangsung lebih lambat.

4. Modifikasi Kaki Ganda Lebih Dari Satu

Bibit Musang king kaki 3 Tanaman durian Musang king berkaki tiga sebenarnya adalah hasil rekayasa genetik pada durian Musang king biasa berkaki satu. Tiga kaki pada bibit durian unggul ini adalah berasal dari satu buah bibit Durian Musang King sebagai batang utama, ditopang dengan 2 batang durian lokal dengan kualitas unggul disambung menjadi satu. Lalu batang atasnya diambilkan / diokulasi dengan tanaman durian Musang King dewasa, namun dipilih yang berkualitas dengan rasanya manis, besar dan buahnya lebat.

Sebenarnya tidak ada perbedaan fungsional antara tanaman durian Musang king berkaki satu dengan berkaki tiga. Hanya saja dengan adanya tiga kaki tanaman durian Musang king dapat menyerap nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah secara lebih cepat dan lebih banyak. Efeknya, tanaman menjadi lebih cepat tumbuh dan besar. Oleh karena itu tanaman durian Musangking berkaki tiga sudah cepat dapat berbuah saat batang pohonnya masih pendek. Selain daripada itu sistem perakaran pada tanaman durian Musang king berkaki tiga menjadi lebih kokoh, karena ditopang 3 kaki dibanding satu kaki. Keunggulan ini membuatnya tumbuh berdiri lebih kuat dan tidak gampang roboh tertiup angin kencang. Tanaman durian Musang king kaki tiga juga lebih tahan bahaya longsor.

Dampaknya adalah bibit durian Musang King kaki tiga dengan perakaran yang kuat dan cepat berbuah. Tanaman biasanya bisa segera berbuah hanya dalam waktu 3-5 tahun saja dengan batang pohon yang masih pendek, namun buahnya sudah bergelantungan. Sangat menguntungkan untuk ditanam di rumah Anda ataupun di perkebunan.

5. Bersifat Genjah

Keunggulan lain dari tanaman durian musangking adalah sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Dengan perawatan yang baik, panen buah durian musangking dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 3-4 tahun, berbeda dengan jenis durian lainnya yang dapatk dipanen ketika sudah berumur 5-6 tahun.

6. Nilai Market Tinggi

Buah Durian Musang king

Nilai jual buah durian Musang king mencapai Rp 135.000 per kg. Bahkan di kota-kota besar seperti Surabaya, buah durian Musang king dijual per kg buah utuh segarnya seharga Rp 150.000. Apabila dijual dalam bentuk buah beku, nilai nominalnya mencapai Rp 465.000. Di tingkat pekebun atau produsen, buah durian Musang king dijual per butir. Dengan harga per butirnya dipatok antara Rp 75.000 sampai Rp 100.000. Bandingkan dengan harga jual durian lokal yang hanya rata-rata mencapai kisaran Rp 10.000 atau paling mahal Rp 30.000 saja per butirnya di tingkat pekebun. Selain itu harga Tanaman durian musangking juga lebih mahal dibanding bibit durian biasa. Bibit durian Musang king ini dibandrol dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 300.000 tergantung tinggi bibitnya.

7. Jenis Durian Populer

Diantara beberapa jenis durian import yang telah beredar di Indonesia, saat ini keberadaan durian musang king telah manjadi jenis durian yang paling banyak dicari dan serta mampu menggeser durian montong yang sebelumnya menjadi juaranya buah durian. Dengan segala keunggulan yang dimiliki durian musang king, wajar saja jika durian ini menjadi primadona baru buah durian. Demikian informasi tentang keistimewaan durian musangking yang layak untuk di budidayakan.

Di dalam artikel tersebut kita telah membahas secara mendalam tentang beberapa keunggulan durian musang king mulai dari kemampuan tumbuh di dataran tinggi memiliki Cita rasa dan aroma daging buah yang lebih unggul dari rivalnya durian Montong dan mempunyai nilai ekonimis yang sangat tinggi. Semoga artikel tersebut dapat manambah wawasan kita tentang seluk beluk durian musang king.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang panduan budidaya durian musang king agar mamapu tumbuh subur dan cepat berbuah. Pada dasarya budidaya tanaman durian musang king hampir sama dengan budidaya tanaman durian lokal lainnya. Hal yang perlu diperhatikan antara lain : pemilihan bibit, tahap penanaman, tahapa pemeliharaan dan tahap pemupukan. Terima kasih

Kunjungan Bu Atiqoh

Bu Atiqoh Adalah istri Pak Ganjar pranowo Gubernur Jawa Tengah

Irul Kebonkliwon

Telah banyak kebun yang dia dampingi dan sebagian sudah berbuah dan berhasil panen dengan memuaskan dan yang sudah merasakan memperluas kebunnya

Projects

Clients