Fungsi Pengapuran Bagi Tanaman Durian Musang King

 

Penggunaan kapur pertanian dapat meningkatkan kesuburan serta mengurangi keasaman tanah juga efisiensi penggunaan pupuk. Namun sejauh ini masih banyak petani-petani di Indonesia yang masih belum mengetahui serta mengaplikasikan untuk lahan pertaniannya.

Penggunaan Kapur Bagi Tanaman Durian Musang King

Kenapa Tanah Pertanian Butuh Pengapuran?

Pohon Durian Musang King juga perlu

Tanah menjadi faktor penting dalam budi daya tanaman. Selain sebagai media tanam, tanah juga menyuplai makanan dalam bentuk unsur hara.

Karena itu, untuk keberhasilan budi daya, petani ‘wajib’ hukumnya mengetahui kondisi tanah. Salah satu yang sangat penting adalah kadar keasaman tanah (pH).

Pemicu yang menyebabkan pH tanah rendah diantaranya adalah:

  • Curah hujan yang tinggi mengakibatkan tercucinya unsur hara pada tanah, kemudian berimplikasi pada terbentuknya tanah asam.
  • Adanya unsur Al (aluminium), Cu (tembaga) dan Fe (besi) yang berlebihan.
  • Air yang tergenang secara terus menerus pada lahan karena tata air atau drainase yang tidak baik.
  • Dekomposisi bahan organik yang mengeluarkan kalsium dari dalam tanah.
  • Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Secara umum tanah dengan pH rendah merupakan tanah dengan kekurangan kalsium dan magnesium.

Cara sederhana mengetahui pH tanah di lahan apakah asam atau tidak, cukup dengan melihat apakah di lahan tersebut terdapat tumbuhan Melastoma malabathricum.

Jika tanaman tersebut tumbuh, maka mengindikasikan lahan tersebut memiliki pH tanah yang asam atau pH di bawah 7.

Cara berikutnya, menggunakan kunyit seukuran jempol tangan yang dipotong menjadi dua bagian.

Sampel tanah diambil dari keempat ujung titik lahan dan satu titik di tengah lahan. Kemudian diaduk secara merata dan dibasahi dengan air. Kunyit yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam tanah yang sudah dibasahi lebih kurang 30 menit.

Jika warna kunyit menjadi pudar, maka dapat dipastikan lahan tersebut memiliki kadar keasaman yang tinggi, pH di bawah 7. Jika warna kunyit tetap, pH tanahnya netral, mendekati 7. Sedangkan, jika warna kunyit menjadi biru, maka kadar keasaman tanah tersebut rendah, pH di atas 7.

Menggunakan kertas lakmus atau pH indikator, dengan mengambil sampel tanah dari empat titik dari empat sudut titik di lahan ditambah satu titik dari tengah lahan, kemudian dicampur rata.

Selanjutnya dicampur dan diaduk merata menggunakan air, dengan perbandingan 1:1. Dibiarkan selama 15 menit, sehingga air dan tanahnya mengendap dalam wadah gelas. Lalu ujung kertas lakmus dimasukkan selama 1 menit.

Usahakan jangan mengenai tanah. Setelah warna kertas lakmus stabil segera angkat. Lalu dicocokkan warna yang ada pada kertas lakmus dengan bagan warna.

Menggunakan pH meter, dengan memasukkan ujung alat pH meter pada keempat ujung titik lahan ditambah satu titik dari tengah lahan. Hasil yang diperoleh langsung dalam bentuk angka yang sudah dirata-ratakan. Skala keasaman tanah bisa dilihat secara langsung, sehingga mempermudah pemberian dosis dolomit atau kapur pada lahan.

Bagaimana cara memperbaiki tanah yang Asam?

Kaptan (kapur pertanian) atau dolomit penting untuk diberikan pada saat olah tanah karena sebagian besar kondisi tanah atau lahan pertanian itu sendiri memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih asam karena berbagai faktor.

Apa Itu Kaptan?

Kaptan atau kapur pertanian, adalah kondisioner tanah untuk menurunkan derajat keasaman yang terbuat dari batuan kapur yang telah diolah atau dihancurkan terlebih dahulu menjadi debu atau kadang disebut juga kapur dolomit.

Ada tiga bentuk kapur pertanian (Kaptan) yang pada umumnya digunakan oleh petani untuk mengatasi masalah tanah asam, yaitu:

  • Kapur Tohor

yaitu jenis kapur yang pembuatannya melaui proses pembakaran. Kapur ini sering disebut dengan kapur prtanian. Secara ilmiah kapur ini disebut calsium oksida (CaO).

  • Kapur tembok.

Kapur tembok merupakan jenis kapur hasil pembakaran pada kapur tohor, yang kemudian ditambahkan dengan air yang dalam bahasa kimianya disebut calsium hidroksida.

  • Kapur karbonat.

Merupakan kapur yang bukan melaui proses pembakaran tetapi digiling langsung, kapur karbonat ini ada dua macam, yaitu kalsit dan dolomit. Untuk kapur kalsit mengandung kalsium oksida 47%, dan kalsium karbonatnya 85%. Sementara untuk dolomit mengandung kalsium oksida dan magnesium oksida 47% serta kalsium karbonat dan magnesium karbonatnya 85%.

Dari ketiga jenis di atas, dolomit dan kalsit lah yang banyak digunakan petani, sehingga keduanya lebih banyak dikenal sebagai kapur pertanian (Kaptan)

Meskipun penggunaan kapur pertanian dapat meningkatkan kesuburan serta mengurangi keasaman tanah juga efisiensi penggunaan pupuk. Namun sejauh ini masih banyak petani-petani di Indonesia yang masih belum mengetahui serta mengaplikasikan untuk lahan pertaniannya.

Berikut merupakan anjuran penggunaan kaptan yang sudah disesuaikan dengan pH tanah.

Untuk penambahan jumlah kapur dapat dilakukan dengan cara perhitungan:

Bila diketahui Ph tanah 4,5 sedang ph yang diinginkan adalah 6, maka 6-4,5=1,5. Kemudian dari tabel terlihat kebutuhan dolomit pada selisih ph 1,5 akan diperoleh pemberian kapur pertanian 5,23 Ton/ha. Penambahan selanjutnya dapat dilakukan lagi setelah 3-5 tahun.

Manfaat dan Kegunaan Kapur Pertanian :

  • Meningkatkan pH tanah menjadi netral
  • Menambah ketersedian unsur hara dalam tanah sehingga mudah diserap tanaman
  • menetralisir senyawa-senyawa beracun, baik organik maupun an-organik
  • meningkatkan populasi & aktivitas mikro organisme tanah yang sangat menguntungkan terhadap ketersediaan hara tanah
  • Memacu pertumbuhan akar dan membentuk perakaran yang lebih baik sehingga penyerapan unsur hara menjadi optimal
  • Menbuat tanaman lebih hijau dan segar serta mempercepat pertumbuhan
  • Produksi dan mutu hasil panen lebih baik

Penanaman Durian Musang King

 

Kebondurian.com

Pemupukan Durian Musang King

 

Kebondurian.com

Pemangkasan Durian Musang King

 

Kebondurian.com

Pengairan Durian Musang King

 

Kebondurian.com

Latest from the Blog

Berkebun Durian musang king masih terbuka lebar kesempatannya, disamping itu pasar sangat luas.

Manfaat Asam Humat Untuk Durian Musang King

Manfaat Asam Humat  1). Memiliki kapasitas tukar kation yang tinggi. Peningkatan tersebut menambah kemampuan tanah untuk menahan unsur-unsur hara. Asam humat membentuk kompleks dengan unsur mikro sehingga melindingi unsur tersebut dari pencucian oleh air hujan....

Keunggulan Durian Musang King

Keunggulan Durian Musang King

Daging buahnya lengket, legit, creamy, gurih, kombinasi manis dan pahitnya lebih seimbang sebagian besar bijinya kempes Keunggulan Durian Musang King Kalau buah durian disebut King of Fruits atau Raja Buah-buahan, lalu apa sebutan untuk Raja Durian? Jawabannya adalah...

Menanam Durian Musang King

Primadona BuahLegit dan Enaknya Durian Musang KingDurian Musang King tekenal dengan legit, lezat dan enaknya tersohor sampai pelosok desa tahu bagaimana durian musang king.085 625 80 446 0852 2763 2222Durian Musang KingSudah pernahkah anda menikmati durian...